Laman

Pengikut

Senin, 05 Maret 2012

Produk Fungsional

Produk Fungsional
 oleh Agus Mulyadi Utomo
          Produk kriya ada yang dipakai  atau dibuat untuk tujuan yang bersifat praktis dan fungsional, terutama untuk kebutuhan sehari-hari. Sebagai “seni pakai-guna”, jenis benda ini merupakan produk hasil dari suatu rancangan atau desain, baik untuk keperluan yang bersifat fisik atau material seperti peralatan rumah tangga (wadah atau perabotan), maupun sebagai bahan dan komponen suatu rancang bangun.
          Produk kriya pakai bersifat umum dengan kegunaan khusus atau bervariasi, dimana setiap produknya mementingkan segi praktis dan fungsi yang optimal serta efisien. Karena bersifat umum yaitu untuk kepentingan masyarakat luas, maka produk kriya fungsional pakai harus memenuhi standar industri yang berlaku di setiap negara. Kalau dalam negeri disebut Standar Industri Indonesia ( SII ) atau Standar Nasional Indonesia ( SNI ), ada pula Standar Industri Internasional yang berlaku, misalnya ISO, dll. Semua itu untuk melindungi kepentingan konsumen atau produsen, apalagi kini telah ada undang-undang (HaKI) yang mengatur hal itu (paten dan industri). Dan para pengusaha harus melaporkan secara kontinyu hasil produksinya ke Departemen terkait disamping untuk pengendalian mutu dan pengontrolan serta sebagai obyek pajak. Benda-benda pakai diproduksi oleh mesin-mesin (pabrik) yang menghasilkan produk massal dengan bentuk serupa (standar) dan diawasi oleh pemerintah atau lembaga konsumen. Untuk dapat bersaing dipasaran, produk kriya pakai menawarkan keterjangkauan (murah), kepraktisan, pemenuhan kebutuhan dan perlindungan konsumen. Karena itu harus direncanakan sedemikian rupa memperhatikan segi keamanan atau keselamatan, kenyamanan, kebersihan atau kesehatan dalam pemakaian produk. Pertimbangan lainnya dalam mendesain adalah dari sudut pandang ekonomi, sosial, budaya, fisiologis (ergonomi), psikologi, teknologi dan estetikanya. Seni pakai dalam memenuhi tuntutan fungsinya menerapkan prinsip-prinsip sebagai berikut ini:
a)  Bentuk sesederhana mungkin dan estetis atau indah;
b)  Bentuk pakai yang dihasilkan minim dari unsur ekspresi dan imajinasi (minimalis);
c)  Dapat menampilkan keindahan yang mengikuti fungsinya;
d) Keindahan muncul dengan sendirinya secara wajar disaat benda tersebut dipergunakan; 
e)  Adanya hubungan antara barang dengan si pemakai.
          Kebutuhan masyarakat senantiasa berkembang dan semakin kompleks sifatnya, maka desain-desain kriya alternatif dan baru selalu akan mengikuti. Seringkali terjadi, benda pakai ini jarang dipergunakan karena bentuknya teramat indah atau hiasannya (dekorasi) berlebihan, sehingga fungsinyapun beralih menjadi benda pajangan di ruang tamu, tidak sesuai dengan fungsi sebenarnya. Tampaknya tanggungjawab desainer cukup besar dan penting, terutama pada masyarakat konsumen, produsen dan kesempatan kerja. Sudah selayaknya hasil karya desainer dihargai dan layak diberi perlindungan seperti yang diatur dalam Undang-undang HaKI  (Hak akan Kekayaan Intelektual) seperti Hak Cipta, Paten, Produk Industri, dllnya.
       Pada contoh closet porselin, dengan alternatif pengehematan air, dengan memberikan suatu perbandingan data pemakaian air sebagai daya tarik pemakai, sebagai suatu penawaran akan efisiensi. Untuk itu para desainer dituntut untuk peka terhadap prinsip kebutuhan dan pertimbangan pasar, selalu mempelajari dan menganalisa dalam rangka menciptakan bentuk-bentuk baru yang lebih bermutu serta lebih efisien.
Untuk mendesain fasilitas tempat duduk, misalnya salah satu fasilitas duduk adalah kursi, yang fungsinya untuk diduduki. Posisi duduk sangat dipengaruhi oleh struktur anatomi manusia. Adanya gravitasi menyebabkan tubuh manusia memiliki berat. Pada saat duduk, tulang duduk menyangga keseluruhan anggota tubuh bagian atas melalui poros tulang belakang. Tulang duduk bersentuhan langsung dengan alas duduk. Hal itu mengakibatkan daerah di sekitar organ duduk mengalami pembebanan kerja secara statik. Pada posisi duduk yang tetap atau diam dalam rentang waktu yang cukup lama mengakibatkan terjadinva tekanan pada sekitar pembuluh darah akibat berat tubuh bagian atas . Pada situasi ini, otot akan merasa lelah. Itulah sebabnya banyak dijumpai orang pemakai kursi melakukan aktivitas bergerak sebagai selingan pada saat duduk. Perubahan posisi duduk ini memang dianjurkan supaya pembuluh darah tidak mengalami penyempitan dan memberi kesempatan darah mengalir dengan lancar. Dengan lancarnya peredaran darah berarti pula memperlancar distribusi oksigen dan nutrisi sehingga resiko penimbunan asam laktat yang mengakibatkan rasa lelah dapat dikurangi. Bentuk kursi sangat dipengaruhi oleh anatomi tubuh dan kebutuhan akan komponen-komponen penyangga organ tubuh. Ini bertujuan agar beban tubuh dapat terdistribusi secara merata ke bidang sandaran dan alas duduk. Kursi yang ergonomis mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja manusia. Berbeda dengan posisi berdiri. seluruh beban anggota tubuh akan terbeban pada tulang tungkai. Pada saat berdiri seluruh anggota tubuh relatif berada pada satu garis vertikal (garis berat) dan berakhir pada tungkai kaki. Hal ini memberi resiko pada betis untuk cepat lelah karena harus terus-menerus berkontraksi menjaga keseimbangan dan menahan beban tubuh. Bemtuk posisi anatomi, dimana kurva tulang belakang membentuk lengkungan ke arah dalam pada saat berdiri. Lengkungan tersebut menjadi berkurang pada saat duduk dengan posisi tegak. Pada kenyataannnya, duduk dengan tenggang waktu lama mengakibatkan kelelahan yang berakibat tulang belakang melengkung ke arah luar (Pheasant, 1996). Sebuah fasilitas duduk yang didesain khusus agar dapat menopang seluruh badan mulai dari kepala hingga kaki. Produk  didesain tidak seperti hal di atas, karena berbeda dengan posisi terlentang. Pada posisi tersebut, tubuh berada pada posisi relatif horisontal. Darah akan mengalir dengan lancar dan anggota tubuh tidak lagi berada dalam satu garis berat vertikal. Tubuh sepenuhnya disangga oleh alas tidur. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pada tubuh relatif tidak lagi terjadi pembebanan kerja yang besar pada posisi istirahat tersebut. Perbedaan yang cukup besar adalah apabila kita berada di ruang tanpa bobot (zero g). Para astronot melakukan istirahat cukup dengan tubuh yang melayang di udara. Aliran darah cukup mengalir hanya dengan mengandalkan tekanan yang dilakukan oleh jantung. Tiadanya gravitasi menyebabkan tingkat kelelahan relatif rendah karena tubuh tidak mengadakan reaksi terhadap gaya tarik bumi. Tubuh secara otomatis membentuk konfigurasi bentuk yang alami pada saat tidak terjadi kontraksi otot (relaks / lemas). Jika kita perhatikan, konfigurasi alami yang terjadi mempunyai kesamaan bentuk dengan posisi duduk yang diperkenalkan oleh Kursi. Pinggul dan paha akan membuka membentuk sudut yang lebar lebih besar dari 90°. Seseorang akan sangat lelah jika harus menahan lengannya secara horisontal terus-menerus. Akan tetapi, pada kondisi tanpa bobot, dia tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk menahan lengannya secara horisontal. Di sini, lengan akan "melayang" karena tidak ada perasaan berat. Namun demikian, lamanya kehilangan bobot di angkasa dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. Sel-sel darah merah berkurang jumlahnya, terjadinya pengumpulan darah dalam rongga dada, dan tulang - tulang kehilangan kalsiurn yang dapat menimbulkan kerapuhan. Duduk memerlukan sedikit energi daripada berdiri karena hal itu dapat mengurangi banyaknya beban otot statis pada kaki. Posisi duduk relatif memberikan kesempatan istirahat dan secara potensial lebih produktif. Kemampuan bekerja dapat ditingkatkan dan daya tahan menjadi lebih lama. Adakalanya sikap duduk ' yang salah dapat menyebabkan masalah pada organ tubuh bagian belakang terutama daerah sekitar punggung. Tulang belakang melakukan penekanan ke bawah sehingga terjadi ketegangan otot dan kekakuan pada daerah sekitar belakang pinggang. Dari penelitian yang pernah dilakukan didapat suatu kesimpulan bahwa posisi duduk yang terlalu tegak mengakibatkan peningkatan tekanan dan kontraksi otot sebesar 40%, bahkan pada saat menulis dan merebahkan kepala di atas meja kerja tekanan tersebut naik 90%. Tak kalah pentingnya adalah dimensi dan ukuran tempat duduk yang sesuai dengan ukuran dan dimensi tubuh pemakainya. Umumnya disesuaikan dengan antropometri manusia penggunanya, misal orang Eropa berbeda dengan orang Asia, untuk itu perlu mencari standard yang tepat dan perhitungan yang juga tepat agar nyaman digunakan dan tidak menjadikan beban tambahan bagi tubuh.

          Klasifikasi fasilitas duduk, menurut kehutuhannya dalam penempatan furniture dalam suatu ruang dapat dibedakan menjadi:

  1. Furniture / mebeler rumah (home furniture), yaitu segala produk furniture yang dipakai di dalam rumah (indoor furniture) seperti kursi tamu, sofa , kursi makan (dining chair), kursi belajar, kursi santai, kursi teras dan sebagainya.
  2. Furniture / mebeler kantor (office furniture), yaitu segala produk furniture yang dipakai di ruang kantor (indoor furniture) seperti kursi eksekutif, kursi sekretaris. dan bangku kerja.
  3. Furniture / mebeler luar ruangan (street. furniture),  yaitu segala produk furniture yang dipakai untuk penunjang kegiatan di luar ruangan (out door ,furniture) seperti di tepi jalan, trotoar atau di taman kota, misalnya kursi taman dan kursi tunaraga di dalam halted an tempat umum.

Sistem dan cara konstruksi furniture,  ada beberapa macam diantaranya sebagai berikut:

  1. Build in Furniture, adalah suatu sistem konstruksi furniture yang memanfaatkan bangunan rumah atau gedung sebagai bidang penguat konstruksi. Konstruksi furniture menempel pada dinding yang khusus dibangun untuk penempatan furniture. Sepintas akan tampak bahwa furniture tersebut rata dengan dinding dari langit-langit sampai lantai. Umumya dipakai untuk pembuatan lemari atau rak. Keuntungan dari konstruksi ini adalah kemudahan perawatan dan kebersihan karena sedikit sekali adanya celah yang terbuka. Namun, kelemahannya mudah terserang lapuk bila dinding bangunan terlampau lembab dan berjamur.
  2. Knock Up Furniture, konstruksi furniture ini menggunakan sistem sambungan konstruksi mati (fixed construction). Seluruh sambungan tergabung secara permanen oleh bahan lem, paku, atau bahkan tertanam dalam konstruksi bangunan. Contohnya, kursi tamu, bangku belajar di sekolah, kursi panjang di ruang tunggu, dan streett furniture. Dengan teknik ini pemakai tidak memiliki peluang membongkar kembali furniture menjadi komponen-komponen lepas.
  3. Knock Down Furniture (Furniture Sistem Lepas Pasang). Manusia (kita) sering menemui problema ruang yang sempit dan terbatas. Keuntungan sistem ini adalah dapat dilepas pasang untuk memudahkan penyimpanan dan pengemasan. Komponen - komponen dasarnya dapat diuraikan menurut kesamaan bidang. Penyambungannya membutuhkan mur-baut khusus yang dapat disetel. Ligna (PT Hadinata Brothers and Company), merek yang cukup dikenal dalam memproduksi mebel telah menerapkan sistem ini. Dengan teknik ini furniture dibuat dalam unit terpisah - pisah yang dapat dengan mudah dirakit saat mencapai tujuan akhir. Perakitan biasanya bisa dilakukan oleh tenaga kerja tidak terampil dan bisa dilakukan oleh pengecer atau kadang-kadang oleh konsumen dengan sedikit petunjuk pemasangan. Dengan menggunakan teknik ini, pemakaian ruang (container) dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin pada saat pengapalan ke lain tempat, dan memberi kemudahan lepas pasang pada saat pengepakan.
  4. Folding Chair (Kursi Lipat). Alternatif lain dalam penyelesaian problema ruang adalah pendekatan sistem lipat. Konstruksi yang dapat dilipat, selain ringkas juga dapat menghemat pemakaian ruang pada saat penyimpanan. Dalam mendesain folding chair ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

a.   Prosedur operasional melipat dan membuka kursi.

b.  Keamanan dalam melipat dan membuka kursi agar tidak teijadi resiko terjepitnya tangan atau kaki pemakai. Gambar yang menunjukkan Folding Chair mampunyai kekhususan tersendiri dalam bentuk teknik pelipatan (Jacson, 1997)



5. Stacking Chair (Kursi Susun). Selain sistem lipat di atas, konstruksi kursi dapat didesain dengan pendekatan susun. Dalam sistem susun, bagian kaki kursi yang berada di atas akan masuk ke bagian badan kursi yang berada di bawahnya. Desain konstruksi stacking menuntut perhitungan yang presisi pada saat dua atau lebih kursi disusun. Adapun kemungkinan penyusunannya adalah:

a. Tumpukan mengarah ke atas (vertical arrangement).

b. Tumpukan mengarah miring (diagonal arrangement).

c. Tumpukan mengarah ke sejajar dengan permukaan lantai (horizontal arrangement).

Yang perlu diperhatikan dalam desain kursi sistem susun adalah:

a. kekuatan struktur kursi yang menghasilkan perhitungan berapa jumlah maksimum kursi yang dapat ditumpuk.

b. pemilihan material dan finishing yang tepat agar permukaan kursi yang ditumpuk tahan gores dan tidak terjadi cacat, dan Stacking Chair dapat ditumpuka dengan susunan yang bevariasi (Jacsoh, 1997).

          Aspek fundamental desain kursi yaitu tujuan dari fasilitas duduk sebagai menyangga tubuh manusia sehingga kestabilan postur tubuh dapat terjaga dengan baik. Dengan demikian, didapatkan rasa nyaman untuk beberapa waktu lamanya dan secara psikis merasakan kepuasan. Pheasant, 1988, memberikan acuan sebagai titik tolak dalam mendesain sebuah kursi sebagai berikut:

a.  Tinggi alas duduk (Seat Height), adalah jarak yang didapat dari lantai ke arah permukaan alas duduk. Bila alas duduk memakai bantalan busa, jarak dihitung sampai permukaan busa tersebut kempes ketika diduduki. Penting sekali mengetahui ukuran rata-rata panjang kaki bagian bawah (popliteal). Pertimbangan lainnya adalah alas kaki yang dipakai oleh pemakai, misalnya sepatu atau sandal. Tinggi outsole (haq sepatu) cukup berpengaruh pada penentuan tinggi alas duduk. Jika ukuran tersebut terlalu tinggi, posisi kaki akan menggantung dan mengakibatkan pembebanan statik yang berlebih pada lipatan lutut bagian dalam. Namun sebaliknya, jika alas duduk terlampau rendah. kaki akan terlipat. Akibatnya, distribusi beban mengalir ke arah pinggul dan mengakibatkan kelelahan pada otot di sekitar tulang duduk. Energi yang dibutuhkan untuk berdiri pun relatif lebih besar dibanding dengan tinggi alas duduk normal. Karena bentuk kaki manusia yang organis dan alami, kontur permukaan alas duduk sangat berpengaruh pada kenyamanan. Bentuk alas duduk paling dasar adalah flat / datar. Namun, dengan desain yang berbentuk kurva yang mengikuti kontur paha akan terasa lebih nyaman karena bagian kaki sebagian besar disangga oleh alas duduk tersebut. Fasilitas kerja yang menuntut tingkat kenyamanan kerja yang tinggi lebih merekomendasikan tinggi alas duduk yang mudah diatur (adjustable) sehingga dapat disesuaikan dengan antropometri pemakai. Rentang dimensinya diharapkan dapat dipakai oleh populasi pria dan wanita. Oleh karena itu disarankan untuk memakai acuan  awal ukuran pemakai pendek, dengan demikian masih bisa diperkirakan untuk pemakai dengan ukuran tinggi, sehingga  dapat juga memakai kursi. Asumsinya, telapak kaki harus terletak pada permukaan lantai dan tinggi duduk dapat diatur sedemikian rupa sehingga tidak terjadi tekanan pada bagian bawah paha. Pemanfaatan bantalan busa (cushion) sangat disarankan dalam melapis permukaan alas duduk. Bahan ini sangat membantu dalam distribusi beban ke seluruh bagian paha. Konsensus Perkumpulan Ergonomi Internasional (The International Ergonomics Association) dan The Human Factors Society memberikan aturan untuk pemakaian bantalan (padding) tersebut sebagai berikut: Permukaan alas duduk harus datar dan bagian ujung yang menyentuh lutut bagian dalam dibuat melengkung (rounded edge). Elastisitas bahan busa diusahakan tidak terlalu empuk, tetapi padat. Meski demikian, jangan terlampau keras sehingga dapat diperkirakan pemakai yang berbobot besar tidak membuat lapisan busa tersebut kempes atau turun sedalam 25 mm.

b. Kedalaman alas duduk (Seat Depth), jarak ini diukur dari ujung alas duduk sampai ke belakang menyentuh sandaran punggung. Jarak ini bergantung pada ukuran rata-rata panjang paha pemakai. Jika terlalu panjang, ujung alas duduk akan menekan daerah lutut bagian dalam (popliteal). Semakin dalam ukuran alas duduk. akan mempersulit pengguna kursi untuk duduk dan berdiri.

c. Sandaran duduk (Backrest), pada prinsipnya, sandaran punggung berfungsi untuk menahan beban anggota tubuh bagian atas (torso). Hal ini yang membedakan dengan bangku tanpa sandaran (stool). Secara ideal posisi sandaran duduk tidak tegak lurus terhadap alas duduk, melainkan agak condong ke belakang. Ini berguna agar pinggul tidak menahan secara langsung tubuh bagian atas, melainkan sebagian didistribusikan ke arah sandaran (garis berat menjadi mundur). Oleh karena mobilitas gerakan bahu yang tinggi, ada beberapa variasi sandaran punggung yang dapat direkomendasi dalam desain:

1. Sandaran lumbar (low-level back rest). Lumbar adalah bagian tubuh yang terletak di daerah punggung bagian bawah dan di atas pinggang. Pendekatan ini ditujukan untuk mengurangi usaha otot yang diperlukan untuk menjaga suatu sikap duduk yang kaku dan tegang. Hal ini juga dapat mengurangi kecenderungan tulang belakang berubah konfigurasi bentuknva. Umumnya, kursi kantor banyak memakai pendekatan ini, karena fungsi kerja menjadi lebih optimal. Hal itu disebabkan oleh posisi tubuh yang cenderung terus tegak dan tidak mengakibatkan posisi duduk melorot atau meluncur ke arah depan.

2. Sandaran bahu (medium - level back rest). Sandaran yang dirancang untuk menyangga punggung dan berakhir sampai ke bahu. Tinggi idealnya adalah 645 mm dengan pertimbangan pria 95`x '% tile (paling tinggi), dapat duduk dengan nyaman.

3. Sandaran penuh bahu dan kepala. Pendekatan ini banyak dipakai pada kursi eksekutif. The Swan dan The Egg karya desainer Arne Jacobsen memanfaatkan sandaran kepala (head rest) agar pengguna dapat menyandarkan kepala untuk istirahat tanpa harus meluncurkan badan ke bawah. Tinggi idealnya 900 mm dengan pertimbangan pria 95`x '% tile (paling tinggi) dapat menyandarkan kepalanya dengan nyaman.

d. Lebar alas duduk (Seat Width). Pada prinsipnva. sejauh tulang duduk dapat tersangga dengan baik oleh alas duduk, dapat dikatakan telah duduk dengan baik. Akan tetapi, dari perhitungan kenyamanan, hal tersebut belum dapat dikatakan sepenuhnya nyaman karena ada bagian pantat yang harus disangga. Dengan sendirinya jarak minimal antar tulang duduk (ischial tuberosities / IT) harus diperlebar.

e.  Sudut sandaran (α). Agar beban terdistribusi secara merata, sandaran perlu dibuat sedikit condong ke belakang. Jika pengukuran sudut rebah lebih besar dari yang direkomendasikan, akan terjadi kemungkinan kesulitan untul: berdiri karena badan harus ditarik ke depan terlebih dahulu.

f.  Sudut alas duduk (β). Sudut ini dibentuk oleh bidang alas duduk terhadap permukaan lantai. Fungsi sudut alas duduk ini adalah memperbesar bidang tekan dan sentuh antara permukaan sandaran dengan punggung dan memperkecil resiko tergelincir ke depan pada saat duduk (slide out).

g. Sandaran lengan (i). Komponen ini tidaklah terlalu mutlak  harus ada pada setiap desain kursi. Untuk beberapa kasus memang diperlukan adanya sandaran tangan sebagai alas istirahat tangan dan tumpuan pada saat pengguna berdiri. Lebih disarankan ujung sandaran yang tidak terlalu tajam (wide rounded edge).

          Aspek fundamental dalam desain kursi perlu dipelajari (Pheasant, 1996). Estetika, konstruksi dan setiap material mempunyai aturan sendiri dalam penanganannya. Suatu konstruksi kayu bisa saja cocok dalam satu jenis material, tetapi belum tentu cocok dipakai untuk jenis material yang lain. Kemampuan craftmenship dan pemilihan material yang baik harus berpadu menjadi satu. Pada dekade sekarang, banyak sekali dijumpai kombinasi konstruksi perabot yang muncul sebagai gabungan antara bahan kayu dengan material artifisial lain. Tidak perlu takut dengan material baru sejauh penggunaan material tersebut sesuai (Danish Furnituremaker, Hans J. Wegner). Di masa lalu, membuat alas duduk kursi dari jalinan pita kain, linen dan kanvas, atau rambut kuda. Berdasarkan hal tersebut terbentuklah kemudian bantalan duduk. Akan tetapi, sekarang bantalan dapat dibuat dengan lebih sederhana, yaitu dengan sistem laminasi finir (laminated veneer) dan dilapis dengan busa karet sebagai bantalan (upholstered foam rubber). Selain konstruksinya kuat, proses produksinya pun lebih cepat. Dalam kaitannva dengan penciptaan desain sebuah kursi, Wegner memberikan beberapa pedoman craftmenships yang sekiranya dapat diaplikasikan dalam desain-desain furniture (Bernsen, 1995).

          Pemakaian kayu hasil sortiran memerlukan kejelian tersendiri. Memilih kayu sortiran yang tepat merupakan hal yang sangat penting karena setiap jenis kayu mempunyai karakter sendiri - sendiri, ada kelebihan dan kelemahannya. Dengan adanya quality control yang ketat memungkinkan karya desain tampil dengan kualitas terjamin. Kayu oak merupakan contoh kayu yang sangat cocok untuk konstruksi kayu. Selain ringan, kayu tersebut kokoh. Akan tetapi, jika ingin mendapatkan kualitas permukaaan yang bebas debu atau kotoran, kayu jati adalah pilihan paling tepat. Bervariasinya jenis kayu memberi peluang yang banyak bagi desainer untuk memilihnya. Namun, pilihan yang tepat adalah jika yakin akan konstruksi, hasil yang bernilai tinggi, dan tahan lama. Jangan memilih kayu dengan mata kayu (knot van`) besar. Penanganan fabrikasinya agak sulit, karena bagian tersebut sangat keras dan mudah pecah.

          Pertimbangan proses produksi (Form followwws function), yaitu ’bentuk mengikuti fungsi’, demikian menurut Louis Sullivan. Karya desain harus direncanakan menurut fungsinya dan struktur tidak perlu ditutup-tutupi. Dengan demikian, dalam konteks perwujudan bentuk, penampilan visual dapat secara langsung diidentifikasi bagaimana proses produksinya. Dalam pemikran craftman, hal pertama yang terlintas adalah bagaimana mewujudkan desain ke dalam prototip produk dengan menggunakan kemampuan kerja manual yang sederhana sebelum diproduksi secara massal. Segalanya harus dipikirkan dari proses produksi yang sederhana, pemakaian materialnya tepat dan mudah dibawa-bawa (ringan). Seperti semboyan Danish Cabinetmaker, Shaker: "Kursi yang baik adalah ringan, sederhana konstruksinya, dan mudah diproduksi. Anda harus mengetahui benar apa yang dapat diperbuat oleh kernampuan manual dan industri manufaktur. Simulasi teknis sebelum dimulainya proses produksi akan memberikan hasil yang maksimal daripada harus membuang biaya kerja di tengah berjalannya produksi". Wegner pun menilai, bahwa proses dan bentuk merupakan aspek- aspek yang terikat satu sama lain dalam sistem proses produksi. Prototip kursi yang terlebih dahulu dibuat dengan cara craftmenship, akan memudahkan analisis pelaksanaan produksi untuk menentukan mesin-mesin apa saja yang akan digunakan.

          Pemilihan jenis kayu yang tepat, yaitu dengan memahami sifat atau karakter dari setiap jenis kayu adalah juga suatu hal yang sangat penting. Pendalaman terhadap segenap aspek kayu mulai pertama kali tumbuh sampai siap tebang memegang peranan penting dalarn menentukan komponen mana dari furniture yang diambil dari bagian pohon. Intuisi seorang desainer harus tajam dalam mempergunakan setiap bagian kayu pada batang pohon. Dua negara yang sangat ahli dalam pengetahuan tentang kayu adalah Jepang dan Denmark. Dua negara tersebut sangat konsisten dalam mempergunakan kayu sebagai produk andalan. Beda kayu, berbeda pula kegunaannya. Itulah asas yang perlu dipegang teguh dalam menentukan kualitas produk. Beech, nama kayu yang populasi tumbuhnya banyak ditemui di Skandinavia, akan menjadi bahan yang membosankan jika diciptakan dalam permukaan perabot yang lebar. Namun, beech sangat mudah dibentuk (machinable) dan dirangkai dengan komponen lain menjadi konstruksi yang kokoh. Wood steam forming bending diperkenalkan sekitar awal abad ke-19. Meskipun metode ini bukanlah teknik tekuk yang menciptakan basil dengan presisi tinggi, namun metode tersebut merupakan sebuah lompatan besar dalam teknik membentuk kayu. Harus diingat bahwa kayu adalah bahan hidup (living material). Hal ini memberi peluang perubahan bentuk dan dimensi yang cukup besar. Jika ingin basil yang lebih akurat, metode laminasi dan pengeleman akan lebih baik dibandingkan metode steam forming. Kombinasi antara jenis kayu besar dan jenis kayu lunak adalah salah satu prinsip desain furniture dalam menampilkan kesan visual yang estetis. Dalam penggunaannya pun akan lebih sesuai jika penempatan jenis kayu keras ditempatkan pada sisi muka dan kayu lunak untuk konstruksi dalam, misalnya slot laci.

          Mununjukkan bagaimana proses produksi dari sebuah konstruksi, dimana dalam membangun konstruksi sebaiknya mengikuti satu aturan, yaitu: rapi, kuat, dan benar. Konstruksi yang benar tidak saja nampak indah dan kokoh. Akan tetapi, lebih dari itu, memberi kemudahan kepada orang lain untuk paham bagaimana konstruksi tersebut terbentuk. "A good construction can fell ca story about the idea of embodied in design". Sebuah konstruksi yang baik diwujudkan dengan ide dari dalam sesuatu mengenai desain. Sekali lagi, kombinasi dari jenis kayu yang berbeda akan memperjelas susunan konstruksi kursi. Misalnya, dowel yang diekspos tembus keluar secara presisi akan memberikan informasi bahwa konstruksi tersebut diperkuat oleh dowel. Permainan arah serat yang berlawanan dan warna yang berbeda memberikan kesan tersendiri pada konstruksi, contohnya dowel dari kayu jati dikombinasi dengan komponen dari kayu ramin.

          Konteks ini sangat berpengaruh terhadap bagaimana seseorang memperlakukan kursi pada saat diduduki. Pemisahan komponen-komponen yang akan diproduksi menurut jenisnya. Prinsip-prinsip arsitektur klasik yang menyatakan bahwa mendesain sebuah kursi harus mengikuti kaidah wadah dan apa yang diwadahi (Woodson, 1984). Hal itu berarti memisahkan elemen konstruksi kerangka dengan elemen sandaran dan dudukan. Setiap elemen tersebut dapat dikerjakan secara terpisah dan dirakit pada saat semua komponen sudah lengkap serta selesai di-finish. Akan tetapi, jika desain kursi terbuat dari material plastik, kaidah di atas bisa saja dilampaui. Dengan sistem injection plastic moulding, semua komponen kursi akan terbentuk dari cukup satu cetakan saja.

          Sambungan pada kayu adalah penentu konstruksi. Setiap konstruksi mempunyai kekuatan dan kelemahan di dua tempat, struktur komponen dan sambungan. Sambungan menentukan kekuatan konstruksi sebagai satu keseluruhan. Sebagai contoh, jika menggabungkan komponen kaki dengan rangka, akan didapat struktur yang sangat kuat jika komponen kaki masuk sebagian ke dalam komponen rangka (mortise and tenon joint). Metode ini sebenarnya telah teruji lebih kuat jika dibandingkan dengan butted joint. Dalam menentukan arah sambungan, yang perlu diperhitungkan adalah arah dan besar gaya yang bekerja pada titik dan lengan sambungan. Pada dasarnya, jika suatu gaya berat bekerja pada sebuah konstruksi, beban akan didistribusikan ke segala arah sepanjang komponen-komponen yang menopangnya. Kondisi ini dikenal sebagai statika gaya. Perhitungan yang salah terhadap gaya-gaya yang bekerja pada konstruksi dapat menyebabkan kursi / perabot kayu pecah dan lepas antar sambungannya.



 
          Points of contact adalah sebagai cara untuk menentukan kualitas permukaan. Sukses tidaknya proses akhir (finishing) dengan sistem reka oles sangat bergantung pada proses pembentukan komponen (machining) pada saat diproduksi. Untuk bentuk-bentuk tertentu sering kali terjadi adanya radius yang banyak pada permukaan kursi. Akibatnya. pada saat permukaan diuji sentuh dengan rabaan tangan, didapat satu permukaan yang kurang mulus atau bergelombang. Semakin luas titik sentuh jari tangan (points of contact) terhadap permukaan, dapat dikatakan furniture tersebut mempunyai kualitas permukaannya yang kurang bagus. Sudah barang tentu kemampuan. feeling di atas hanya bisa dilakukan oleh orang yang berpengalaman dalam pembuatan kursi (cabinet maker atau craftman) tanpa harus melihat langsung satu persatu permukaan yang tidak rata (hi lite test). Cabinet maker atau craftman, pada kursi terlihat proporsional dari segala arah. Aktivitas mendesain sebaiknya dilakukan secara total. Artinya segala aspek yang terkait dengan desain harus menjadi pertimbangan utama. Aspek bentuk merupakan hal penting dalam penampilan. Pencapaian bentuk kursi merupakan kompromi antara konstruksi dengan gaya desain (style). Desain kursi harus mudah dimengerti oleh konsumen, sebagaimana sebuah desain juga harus berawal dan berakhir. Dengan demikian, tuntutan bentuk yang indah dan proporsional harus terlihat dari segala arah.
 Dari buku:" Produk Kekriyaan", 2011
Email: goesmul@gmail.com 
Blog: blogspot.goesmul.com / Hidup dan Seni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar